Tuesday, November 04, 2008

Fakta ilmiah untuk tulisanku

Rasanya meledaklah semangat ini tiap kali mendapati fakta ilmiah dari tema tulisanku. Mengapa? Fakta-fakta ilmiah adalah gambaran realita yang menjelaskan penggalan-penggalan peristiwa yang mendukung sebuah kerangka pikir dasar. Semakin banyak fakta, semakin dekat ide itu terhadap realita dan makin mungkin ide tersebut untuk direalisasikan. Itu berarti akan semakin mudah untuk memaparkan ide tersebut menjadi sebuah informasi baru.

Hal yang penting lagi adalah bagaimana aku mampu merespon informasi atau fakta-fakta yang ada. Kuyakin respon itu perlu tahapan proses. Diawali dengan pemahaman. Apakah aku benar-benar bisa mengerti pesan dan inti informasi tersebut. Mengerti dalam lima unsur, yaitu: apa, kapan, di mana, bagaimana, mengapa. Setelah paham suatu fakta, maka dilakukan penyaringan. Tidak semua informasi luar biasa itu mendukung ide yang akan kita sampaikan. Perlu memilah-milah jalinan ide yang terangkum dalam sebuah fakta/informasi. Ada bagian yang dapat diambil secara substansial, dan ada pula yang hanya bisa disadur metode dasarnya saja. Tergantung kebutuhan.

Lalu, apakah informasi/fakta itu benar? Nah, ini adalah hal yang menarik, karena tidak semua informasi itu benar. legalitas sebuah fakta memang sangat perlu dicermati. Menurutku pada umumnya fakta ilmiah dipaparkan oleh sumber yang jelas. Baik dari segi penulisnya (latar belakang pendidikan dan bidang yang digelutinya) maupun isi dari ide yang dibawakan (yang kebanyakan didukung oleh saduran/kutipan dari fakta-fakta yang jelas pula). Nah loh... mungkin perlu bahasan tersendiri kali yach :)

Semangaaat!!

2 comments:

Anonymous said...

Hai....
Salam kenal saya Michael Siregar di Amerika.
Senang dapat berkenalan dengan Kamu di Blog ini.

Frida said...

U/ michael: Salam kenal juga dari saya. terima kasih atas kunjungannya